Wednesday, March 18, 2015

Plantronics Rilis "Headset" Mungil dengan Bluetooth 4.0

// // Leave a Comment
SINGAPURA, KOMPAS.com - Komunikasi yang baik menjadi penentu untuk banyak hal, entah itu dalam sebuah hubungan, atau kegiatan bisnis. Tak jarang, banyak hal buruk terjadi setelah komunikasi terganggu karena kualitas perangkat komunikasi yang tidak mendukung.

Sadar dengan hal seperti itu, produsen sistem audio nirkabel Plantronics melahirkan Voyager Edge, sebuah headset mungil yang canggih. Plantronics membuat headset ini untuk menunjang aktivitas penikmat multimedia dan khususnya kalangan pebisnis yang intens berkomunikasi menggunakan perangkat mobile.

Headset ini memanfaatkan komunikasi nirkabel dengan koneksi Bluetooth terbaru, yaitu versi 4.0. "Kami menggunakan Bluetooth agar bisa mengoperasikan antarperangkat tanpa kabel," kata Director of Sales and Marketing, South-East Asia Plantronics, Alvin Kiew, saat meluncurkan headset tersebut, di Keppel Bay, Singapura, Kamis (24/4/2014).

Teknologi Bluetooth 4.0 memiliki keunggulan utama dapat menghemat daya baterai dan membuat usia baterai lebih awet selama bertahun-tahun pada standar coin-cell. Teknologi ini juga membuat konsumsi daya yang lebih stabil pada perangkat elektronik.

Alvin mengklaim, baterai Voyager Edge mampu bertahan selama tujuh hari dalam posisi siaga. Sedangkan dalam penggunaan terus menerus, baterai diklaim bertahan selama enam jam. Waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang baterai headset hanya 90 menit.

Selain itu, teknologi Bluetooth 4.0 dipilih Plantronics untuk mengimbangi perkembangaan sistem audio yang digunakan di sistem operasi mobile Apple iOS dan Google Android.

Headset ini dilengkapi dengan tiga buah mikrofon, salah satunya berfungsi mereduksi suara bising di sekitar pengguna untuk menjernihkan suara yang diterima lawan bicara.

Dalam penggunaannya, Voyager Edge juga mampu mendeteksi perintah suara dari empat bahasa, Jepang, Korea, Inggris, dan Mandarin. Pengguna hanya perlu mengatakan "answer" atau "reject" untuk merespons suatu panggilan telepon di ponselnya.

"Ini untuk pengguna multimedia, dan pebisnis yang sangat bergantung pada komunikasi. Maka perlu alat bagus, agar kegiatan atau bisnisnya tak terganggu," ujar Alvin.

Selain perintah suara, ada beberapa aplikasi lain yang akan memudahkan pengguna, seperti aplikasi "Find Your Headset." Aplikasi ini akan membantu pengguna menemukanheadset-nya saat lupa menyimpan.

Pemberitahuan akan muncul dari layar setelah gadget menerima perintah. Termasuk juga informasi mengenai cadangan baterai yang tersisa.

Wadah headset tersebut juga berfungsi seperti alat pengisi daya baterai portabel atau populer disebut power bank, yang dapat mengisi daya baterai headset di manapun saat diperlukan.

Dari sisi desain, Voyager Edge terkesan modern dan tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu carbon black, slate grey, dan glacial white. Materi luar yang dipakai diklaim tahan banting dan tahan air. Sementara itu, ukuran fisiknya menyerupai kunci mobil dengan bobot hanya 9 gram atau lebih ringan dari headset pendahulunya, Voyager Legend.

0 comments:

Post a Comment